KEWIRAUSAHAAN 3


KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan Puji dan Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan proposal dana bergulir.
Pada kesempatan kali ini, kami ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan penyusunan proposal dana bergulir ini.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan proposal dana bergulir ini masih jauh dari sempurna.Untuk itu segala kritik dan saran dari berbagai pihak akan kami terima demi terciptanya suatu proposal yang lebih baik lagi.
Akhir kata semoga proposal dana bergulir ini dapat berguna bagi diri penulis pada khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.


Bekasi, 05 November 2017





BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Saat ini hijab sedang menjadi tren di kalangan wanita muslimah diIndonesia, baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa menggunakan hijab dalam kegiatan sehari-hari mereka. Model hijab sekarang juga bukan seperti dulu yang modelnya polos, model hijabsekarang juga sudah bermacam-macam mulai dari bentuk, warna, dan coraknya. Hal ini tentunya bertujuan agar hijab yang kita pakai terlihat lebih menarik.
Dalam mengenakan hijab tentunya juga terdapat berbagai macam aksesoris yang digunakan untuk mempercantik tampilan hijab yang dikenakan. Aksesoris tersebut adalah bandana, headpiece, kalung, bros, dll.
Dari aksesoris yang sudah disebutkan tadi, kami selaku pemilik usaha Queen Brosmembuat aksesoris yang sangat cantik bagi pengguna hijab. aksesoris yang kami buat ini adalah bros yang biasanya digunakan para pengguna hijab untuk disematkan di kerudungnya sebagai hiasan.
Umumnya bros dibuat dari bahan akrilik dan manik-manik seperti mutiara, batu hias, dll. Tapi kami berinovasi untuk membuat bros dengan menggunakan bahan pita satin yang tentunya bahan ini sangat menarik karena warna-warnanya yang beragam dan juga harganya yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia.
Bros yang kami buat berbentuk bunga yang umumnya menjadi bentuk favorit dikalangan para pengguna hijab. Dengan bentuknya yang cantik dan juga simpel para pengguna hijab akan terihat semakin unik dan modis saat menggunakannya.



1.2  Visi Misi
Visi
Menjadikan Queen Bros sebagai pusat bros terbaik di Indonesia yang mampu bersaing dengan produk produk besar di Indonesia
Misi
1.      Menjual produk bros dengan harga yang terjangkau
2.      Menciptakan bentuk bentuk unik yang lebih menarik dan mengikuti tren
3.      Memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen
4.      Memperkenalkan produk secala luas agar lebih dikenal konsumen

1.3  Data Perusahaan
Profil Queen Bros dapat dilihat pada Tabel 1.1 :
1
Nama Usaha
Queen Bros
2
Bidang Usaha
Kerajinan tangan
3
Produk Usaha
Bros
4
Alamat Usaha
Jl. Pulau seribu no 36 Bekasi Timur
5
No.Telephone
08961669829
6
Website
www.queenbros.com
7
Instagram
@queenbros
8
Tahun Berdiri
2017

Tabel 1.1


1.4  Data Karyawan

1
Nama
Pandu Renanda

Tempat,Tanggal Lahir
Bekasi, 22 Mei 1998

Alamat
Jl ganda agung no 10 bekasi timur

Status
Belum Kawin

No.Telephone
082312314654

Jabatan
CEO

2
Nama
Nurhasan

Tempat,Tanggal Lahir
Karawang, 01 April 1997

Alamat
Jl raya cibuaya karawang

Status
Belum Kawin

No.Telephone
085779662991

Jabatan
General Manager

3
Nama
Anisa Rahmawati

Tempat,Tanggal Lahir
Bekasi, 20 Maret 1999

Alamat
Jl pulau seribu no 36 komp deperla bekasi timur

Status
Belum Kawin

No.Telephone
08961669829

Jabatan
Manager Keuangan

4
Nama
Saarah Rizky A

Tempat,Tanggal Lahir
Jakarta, 24 Oktober 1997

Alamat
PUP sektor 5 blok P9 no 3A

Status
Belum Kawin

No.Telephone
085894623225

Jabatan
Manager Produksi



BAB II
ANALISIS PASAR

2.1  Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran Queen Bros berdasarkan Product, Price, Place, and Promotion(4P) adalah sebagai berikut:
2.1.1        Product
Contoh product dapat dilihat pada Gambar 2.1

Gambar 2.1


Produk yang ditawarkan oleh terdiri dari :
a.       Type               : Bros
b.      Brand             :  Queen Bros
c.       Quality           : Menggunakan bahan pita satin
d.      Packing          : Plastik Kaca
e.       Design            : Bentuk Bunga& Pita

2.1.2        Price
Harga yang ditawarkan sangat terjangkau hanya Rp 5.000,00,-
2.1.3        Place
Wilayah pemasarannya menjangkau seluruh wilayah di Indonesia baik offline maupun online
2.1.4        Promotion
a.      Advertising            : melakukan promosi melalui sosial media dan  E-commerce  seperti instagram
b.      Pameran                : mengikuti berbagai event seperti bazar yang diselenggarakan dikampus.
c.       Sales Promotion    : Buy 6 Get Disc 10%

2.2  Segmentasi Pasar
Segmenasi pasar Queen Bros dibagi menjadi :
a.      Segmenasi Geografi
Produk ini ditawarkan melalui media sosial, hal ini dimaksudkan agar produk yang kami jual bisa dilihat di seluruh bagian di Indonesia.
b.      Segmentasi Demografi
Kalangan yang ditargetkan yaitu wanita muslimah yang mengenakan hijab, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.
c.       Segmentasi Psikografi
·         Status Sosial          : Produk ini ditujukan untuk semua kalangan, mulai dari kalangan menengah bawah hingga kalangan menengah atas.
·         Kepribadian           : Produk ini cocok digunakan untuk wanita yang mengenakan hijab
·         Gaya Hidup           : Mengikuti perkembangan tren

2.3  Analisis SWOT dan TOWS

2.3.1         SWOT
SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (kesempatan), dan threat (ancaman) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.
1.      Strength
-          Harganya terjangkau bagi masayarakat Indonesia.
-          Bentuknya simple dan menarik bagi pengguna hijab.
2.      Weakness
-          Bros yang dibuat berbentuk bunga dan pita.
-          Waktu pembuatannya cukup lama, karena prosesnya produksinya masih manual.
3.      Opportunities
-          Pemasarannya cukup mudah karena saat ini banyak masayarakat khususnya para wanita yang menggunakan hijab
4.      Threat
-          Banyak pesaing yang menjual bros dengan bahan yang lebih bagus dan menarik
-          Mudah dalam pembuatannya, sehingga sebagian masyarakat memilih untuk membuatnya sendiri dengan menggunakan tutorial yang ada di sosial media, seperti youtube.

2.3.2         TOWS
1.      Stength – Opportunities
-          Melakukan promosi di media sosial dengan mengajak orang lain, teman, saudara, dll.
2.      Weakness - Opportunities
-          Menambah orang/tenaga kerja daam pembuatan bros, sehingga waktu pembuatan menjadi lebih cepat.
3.      Strength - Threath
-          Memberikan potongan harga 10% bagi para konsumen yang membeli produk kami lebih dari 6 buah.
-          Memberikan benefit berupa hadiah, apabila konsumen bersedia menjadi reseller dari produk kami.
4.      Weakness – Threath
-          Agar dapat bersaing dengan yang lain, tentunya kami akan terus berinovasi dengan menciptakan bros yang bagus dan menarik, agar produk yang kami buat dapat di sukai oleh wanita muslimah yang mengenakan hijab.


SWOT dan TOWS Queen Bros dapat di lihat pada Tabel 2.1

Tabel 2.1
SWOT dan TOWS
QUEEN BROS



                INTERNAL



EKSTERNAL
Strenght :
-        Harganya terjangkau bagi masayarakat Indonesia
-        Bentuknya simple dan menarik bagi pengguna hijab

Weakness:
Menambah orang/tenaga kerja daam pembuatan bros, sehingga waktu pembuatan menjadi lebih cepat

Opportunity
Pemasarannya cukup mudah karena saat ini banyak masayarakat khususnya para wanita yang menggunakan hijab.

S-O
Melakukan promosi di media sosial dengan mengajak orang lain, teman, saudara, dll

W-O
Menambah orang/tenaga kerja daam pembuatan bros, sehingga waktu pembuatan menjadi lebih cepat

Threath
-        Banyak pesaing yang menjual bros dengan bahan yang lebih bagus dan menarik.
-        Mudah dalam pembuatannya, sehingga sebagian masyarakat memilih untuk membuatnya sendiri dengan menggunakan tutorial yang ada di sosial media, seperti youtube.

S-T
-        Memberikan potongan harga 10% bagi para konsumen yang membeli produk kami lebih dari 6 buah.
-        Memberikan benefit berupa hadiah, apabila konsumen bersedia menjadi reseller dari produk kami.


W-T
Agar dapat bersaing dengan yang lain, tentunya kami akan terus berinovasi dengan menciptakan bros yang bagus dan menarik, agar produk yang kami buat dapat di sukai oleh wanita muslimah yang mengenakan hijab.


Tabel 2.1


BAB III
ANALISIS PRODUK

3.1  Bahan Pembuatan Produk
1.      Bahan Baku
-          Kain Satin bentuk bunga & pita
-          Kain Bubble bentuk bunga
2.      Peralatan
Tembakan Lem
3.      Bahan Penolong
-          Kain Kapas
-          Manik-manik mutiara
-          Isi Lem Tembak
-          Kantong Plastik
-          Peniti Mangkok
-          Plasti Seal

3.2  Proses Pembuatan
3.2.1        Pembelian Bahan Bros
Bahan yang kami pilih adalah bahan yang mudah untuk dibentuk menjadi bros seperti bahan satin dan bubble crepe.
3.2.2Penyiapan Bahan Bros
Siapkan bahan yang di perlukan yaitu bung dan pita satin serta bahan penolongnya untuk melengkapi bros tersebut.potong kain kapas kecil-kecil.
3.2.3        Proses pengeleman
Perkatkan bunga kain satin ke kain kapas dengan menggunakan lem tembak setelah itu perkatkan lagi lem di bagian tengah bunga untuk menempelkan mutiara lalu perkatkan lagi lem dibagian belakang kain kapas untuk menempelkan pin bros.
3.2.4        Packaging
Masukkan bros yang sudah jadi kedalam plastik kaca satu persatu setelah itu perkatkan label dengan plastik kaca lagi distaples.




BAB IV
ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA

4.1  Struktur Organisasi
Struktur Organisasi Queen Bros dapat di lihat pada gambar 4.1



Gambar 4.1. Struktur Organisasi


4.2  Analisis Kompetensi Sumber Daya
Analisis kompetensi Sumber Daya Manusia Queen Bros dapat di lihat pada tabel 4.2

Pendidikan
Jumlah
Bagian Dapartermen
JUMLAH
SD
-
CEO
1
SMP
-
MANAJEMEN
1
SMA
-
PEMASARAN
0
D3
4
PRODUKSI
1
S1/S2/S3
-
KEUANGAN
1

Tabel 4.2

Keunggulan dan kompetensi SDM :
1.      CEO
Adalah jabatan tertinggi yang mempunyai tugas untuk memimpin suatu perusahaan dan bertanggung jawab untuk kesetabilan usaha.
2.      General Manager
Adalah jabatan manajer yang memiliki tanggung jawab kepada seluruh jabatan atau fungsional pada suatu perusahaan atau organisasi.
3.      Manajer Produksi
adalah jabatan yang mampu mnciptakan ide-ide kreatif untuk menciptakan barang atau jasa agar konsumen dapat tertarik dengan produk suatu perusahaan.
4.      Manajer Keuangan
Adalah jabatan yang mampu mencatat, mengontrol semua transaksi atau kejadian yang terjadi di dalam perusahaan.





BAB V
ANALISIS KEUANGAN

5.1  Modal Usaha
Modal Pinjaman Universitas Gunadarma                         Rp 2.000.000,-
Modal Queen Bros                                                            Rp      65.000,-
Total Modal                                                                     Rp 2.065.000,-

5.2  Perincian Biaya
Laporan keuangan berupa biaya produksi dan biaya operasional, laba rugi, perubahan modal, arus kas, dan neraca bulan Desember 2017 – Mei 2017 dapat dilihat pada tabel 5.1 – Tabel 5.31

5.2.1        Bulan Desember 2017
Tabel 5.1
Queen Bros
Biaya Produksi dan Biaya Operasional
Bulan Desember 2017

No
Keterangan
Jumlah/Unit
Harga Satuan
Total Harga
1
·         Kain Satin Bentuk Bunga
18 lusin
 Rp            16.000
 Rp        288.000

·         Kain Satin Bentuk Pita
17 lusin
 Rp            16.000
 Rp          272.000

·         Kain Bubble Bentuk bunga
15 lusin
 Rp            13.000
 Rp          195.000

Total BBB

 Rp          755.000




2
Biaya Penolong



·         Kain Kapas
6 meter
 Rp          16.000
 Rp            96.000

·         Manik-manik mutiara
6 meter
 Rp              5.000
 Rp            30.000

·         Isi Lem Tembak
3 pack
 Rp   12.000
 Rp            36.000

·         Tembakan Lem
2 pcs
 Rp            20.000
 Rp            40.000

·         Kantong Plastik
6 pack
 Rp            14.000
 Rp            84.000

·         Peniti Mangkok
5 gross
 Rp          100.000
 Rp          500.000

·         Plasti Seal
6 pack
 Rp            12.000
 Rp            72.000

Total Biaya Penolong

 Rp          858.000




3
Tenaga Kerja







Total Biaya Tenaga Kerja

 Rp                      -





Total Biya Produksi

 Rp      1.613.000


·         Biaya Operasional Bulan Desember 2017
No
Keterangan
Jumlah/unit
Harga Satuan
Total Harga
1
Biaya Pemasaran




·         Label
600
 Rp                 400
 Rp          240.000

·         Pulsa dan Paket Internet
1
 Rp          100.000
 Rp          100.000

Total Biaya Pemasaran

 Rp          340.000




2
Biaya Adminstrasi dan Umum



·         Biaya Cetak Laporan
8
 Rp                 500
 Rp              4.000

·         Biaya Adminstrasi
1
 Rp              8.000
 Rp              8.000

Total Biaya Adm dan Umum

 Rp            12.000




3
Biaya Listrik dan Air
1
 Rp          100.000
 Rp          100.000

Total Biaya Operasional

 Rp          452.000

·         Harga Pokok Penjualan + Harga Jual
1
Bros Bunga Satin (216 pcs)



Bahan Baku
 Rp          288.000


Biaya Bahan Penolong
 Rp          327.290


Biaya Tenaga Kerja
 Rp                      -


Biaya Operasional
 Rp          172.419


Total HPP

 Rp          787.709

HPP/PCS

 Rp              3.647

Laba 27%

 Rp              1.353

Harga Jual

 Rp              5.000

2
Bros Satin Pita (180 pcs)



Bahan Baku
 Rp          272.000


Biaya Bahan Penolong
 Rp          309.107


Biaya Tenaga Kerja
 Rp                      -


Biaya Operasional
 Rp          162.840


Total HPP

 Rp          743.947

HPP/Pcs

 Rp              3.647

Laba 27%

 Rp              1.353

Harga Jual

 Rp              5.000

3
Bros Bubble Bunga (144 pcs)



Bahan Baku
 Rp          195.000


Biaya Bahan Penolong
 Rp          221.603


Biaya Tenaga Kerja
 Rp                      -


Biaya Operasional
 Rp          116.742


Total HPP

 Rp          533.344

HPP/Pcs

 Rp              2.963

Laba 40,70%

 Rp              2.037

Harga Jual

 Rp              5.000
                                      
Tabel 5.2
Queen Bros
Laporan Laba Rugi
Bulan Desember 2017

Pendapatan
 Rp     3.000.000

Pendapatan Tunai


Total Pendapatan

 Rp     3.000.000
Biaya-Biaya


Total Biaya Produksi
 Rp     1.613.000

Total Biaya Operasional
 Rp        452.000

Pengembalian Dana Bergulir
 Rp   250.000

Total Biaya

 Rp     2.315.000
Laba Bersih

 Rp        685.000



Bagi Hasil Toniq Store(75%)

 Rp        513.750
Bagi Hasil Gunadarma(25%)

 Rp        171.250

Tabel 5.3
Queen Bros
Laporan Perubahan Modal
Bulan Desember 2017
Modal (Awal)

 Rp     2.065.000
Laba/Rugi
 Rp        513.750

Prive


Modal (Akhir)

 Rp     2.578.750

Tabel 5.4
Queen Bros
Laporan Arus Kas
Bulan Desember 2017

KETERANGAN


Aliran Kas dari Aktivitas Operasi


Aliran Kas Masuk


Penerimaan Penjualan Tunai
 Rp     3.000.000

Penerimaan Piutang Usaha


Jumlah

 Rp     3.000.000
Aliran Kas Keluar


Biaya Bahan Baku
 Rp        755.000

Biaya Bahan Penolong
 Rp        858.000

Biaya Tenaga Kerja
 Rp                   -

Biaya Listrik dan Air
 Rp        100.000

Biaya Pemasaran
 Rp        340.000

Biaya Adminstrasi
 Rp            8.000

Biaya Cetak Laporan
 Rp            4.000

Jumlah

 Rp     2.065.000
Aliran Kas Bersih dari Aktivitas Operasi

 Rp        935.000
Aliran Kas dari Aktivitas Pendanaan


Aliran Kas Masuk


Modal Gunadarma
 Rp     2.000.000

Modal Toniq Store
 Rp          65.000

Jumlah

 Rp     2.065.000
Aliran Kas Keluar


Pengembalian Gunadarma
 Rp        335.000

Pembagian Laba ke Pihak Gunadarma
 Rp        171.250

Jumlah

 Rp        506.250
Aliran Kas Bersih dari Aktivitas Pendanaan

 Rp     1.558.750
Kenaikan Bersih Kas Selama Periode Desember 2017

 Rp     2.578.750
Saldo Awal Kas 01 Desember 2017


Saldo Akhir Kas Desember 2017

 Rp     2.578.750

Tabel 5.5
Queen Bros
Neraca
Per 01 Desember 2017 - Awal
Aktiva

Pasiva

Aktiva Lancar

Hutang Lancar

Kas
 Rp   1.690.000
Hutang Gunadarma
 Rp   1.665.000
Total Aktiva Lancar
 Rp  1.690.000
Total Hutang
 Rp  1.665.000




Aktiva Tetap

Modal

Tembakan Lem
 Rp        40.000
Modal Anggota
 Rp        65.000
Total Aktiva Tetap
 Rp       40.000
Laba



Total Modal
 Rp       65.000




Total Aktiva
 Rp  1.730.000
Total Pasiva
 Rp  1.730.000

Tabel 5.6
Queen Bros
Neraca
Per 31 Desember 2017 - Akhir

Aktiva

Pasiva

Aktiva Lancar

Hutang Lancar

Kas
 Rp   2.538.750
Hutang Gunadarma
 Rp   2.000.000
Total Aktiva Lancar
Rp   2.538.750
Total Hutang
 Rp  2.000.000



Aktiva Tetap

Modal

Tembakan Lem
 Rp        40.000
Modal Anggota
 Rp        65.000
Total Aktiva Tetap
 Rp       40.000
Laba
 Rp      513.750


Total Modal
 Rp     578.750




Total Aktiva
 Rp  2.578.750
Total Pasiva
 Rp  2.578.750

BAB VI
KESIMPULAN

      Dari apa yang telah kami paparkan dalam pembahasan diatas, maka kami dapat menarik kesimpulan sebagai berikut kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal dan resiko serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi. Kewirausahaan adalah suatu sikap mental, pandangan, wawasan serta pola pikir dan pola tindak seseorang terhadap tugas-tugas yang menjadi tanggungjawabnya dan selalu berorientasi kepada pelanggan. Atau dapat juga diartikan sebagai semua tindakan dari seseorang yang mampu memberi nilai terhadap tugas dan tanggungjawabnya.

BAB VII
PENUTUP

        Ada pepetah bilang “masih banyak jalan menuju roma” kita memang harus selalu optimis dengan semuanya. Dalam segala hal yang kita lakukan pasti ada ujian, cobaan dan tantangannya. Secara tidak disadari itu merupakan musuh yang tidak kita ketahu darimana datangnya, arahnya dan tujuanya tapi itu semua memang harus kita hadapi. Bila kita mampu menghadapinya maka tunggulah kesuksesan telah menunggu. Tapi kita juga jangan lupa berdoa karena dalam suatu hadis dikatakan “kejarlah akhiratmu maka dunia akan mengejarmu”jadi dalam melakukan usaha apapun harus diimbangi dengan keimanan.

Komentar